K! EVENT
Recent Posts

Save Our Youth Talent

cKnUpfbbA7.jpg

“Di ISL terdapat 471 pemain yang bermain. Uniknya, hanya 18 pemain yang masih berusia 21 tahun ke bawah. Dari 471 pemain, terdapat 102 debutan. Menariknya hanya 15 debutan yang usianya di bawah 21 tahun.”

Fakta di atas membawa pada kesimpulan bahwa sedikit pemain muda yang eksis di top level sepakbola Indonesia. Lalu umumnya pemain Indonesia debut di top level sepakbola pada usia yang tidak muda lagi. Inilah jawaban tentang betapa sulitnya regenerasi pemain tim nasional yang berujung pada anjloknya prestasi.

Fenomena ini tidak boleh dibiarkan begitu saja bila ingin timnas kita berprestasi di masa mendatang. Untuk memutusnya, tentu harus kembali ke akar permasalahannya. Yaitu buruknya pembinaan usia muda dan miskinnya ruang kesempatan yang diberikan klub sepakbola profesional. Mengisi jeda kompetisi, tulisan ini akan lebih fokus mengupas permasalahan pemain muda di tataran sepakbola profesional.

Sulitnya Pemain Muda

Ada empat faktor yang harus dibenahi agar klub sepakbola profesional memberi ruang lebih bagi pemain muda. Faktor pertama adalah kuota pemain asing. Kebijakan regulator ini merangsang klub profesional mengkontrak lima pemain asing. Kondisi ini secara tidak langsung menutup kesempatan pemain muda. Memang, kebijakan nol pemain asing sekalipun tak lantas membuat pemain muda dimainkan. Tetapi setidaknya terbuka kesempatan lebih bagi pemain muda untuk dimainkan dan berkembang.

Faktor kedua adalah perbaikan kualitas perwasitan. Buat pemain muda, burukny