KickOff! Indonesia (c) 2014

Pamulang Permai Y-19, Jl. Witanaharja Raya | T/F: 62-21-7440126 | info@kickoffindonesia.com

  • Facebook - Black Circle
  • Twitter - Black Circle
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube - Black Circle
K! EVENT

Workshop Kepelatihan "Bangun Serangan dari Bawah" | Malang, 30-31/12

1/2
Please reload

Recent Posts

September 11, 2019

Please reload

Jeli Memilih Gelandang Elegan Masa Depan

November 9, 2014

 

QUESTION

Coach Indra, saya selalu melihat kekuatan tim yang Anda latih terletak dari sektor gelandang. Anda selalu berhasil menemukan gelandang elegan yang akan menjadi pemain sepakbola hebat di masa depan. Apa tips Coach Indra dalam begitu jeli memilih gelandang elegan tersebut? Apa kriteria yang digunakan?

 

Sutrisno - Jogjakarta

 

ANSWER

Selamat atas perhatian Mas Tris yang begitu jeli. Dalam menopang playing style yang saya inginkan, yaitu mendominasi penguasaan bola, tentunya peran gelandang sangatlah krusial. Untuk itu dibutuhkan suatu ketelitian tinggi dalam memilih pemain gelandang saat proses pemanduan bakat.

 

Hal pertama yang saya lihat saat pemanduan bakat adalah kemampuan dalam menyerang. Dalam hal ini kualitas aksi penyerangan gelandang dalam dribbling, passing, membuka dan mencari ruang. Kemudian, atribut pemain dalam bertahan juga penting untuk dilihat, sejauh mana kemampuan duel dalam 1v1 dan penjagaan daerah.

 

Semua itu tentunya tidaklah cukup, sebagai sentral permainan, seorang gelandang dintuntut memainkan sepakbola tempo tinggi selama 90 menit. Untuk itu fisik sepakbola juga menjadi perhatian mendalam. Nah, untuk membuat semuanya sempurna, pemain tentunya harus memiliki kepribadian yang baik. Ada komitmen dan ambisi untuk mewujudkan cita-cita di sepakbola.

 

Hal-hal yang telah saya jelaskan di atas itulah yang menjadi pertimbangan utama saya dalam memilih gelandang dalam pemanduan bakat. Perlu diketahui, sulit untuk menemukan bakat yang sempurna. Bakat hanyalah modal dasar. Selanjutnya kerja keras dalam mengasah tersebut melalui proses latihan dan kompetisi menjadi faktor yang wajib mengiringi.

 

Indra Sjafri

ex Pelatih Timnas U19, pemegang AFC A License, kini menetap di Jogjakarta.

Please reload