K! EVENT

Developing Smart Players using Ekkono Method | Zoom, 09.09.2020

1/2
Please reload

Recent Posts
Please reload

[Founder's Diary] Saat Pandemi Membawa Berkah untuk Bayern Munich

August 28, 2020

"Kunci sukses FC Bayern memenangkan semua gelar adalah program "brutal"-nya di masa pandemi!" 

 

FC Bayern memenangkan Liga Champions 2020 dengan fenomenal. Sampai dengan final, mereka memainkan 11 game tanpa pernah kalah, bahkan imbang sekalipun. Die Roten mencetak 43 gol dan hanya kebobolan 8 gol. Salah satu game dengan skor mentereng adalah kemenangan FC Bayern atas FC Barcelona 8-2. 

 

Nyaris semua pertandingan yang dijalani tim Bavaria ini bukan hanya dimenangkan dalam hal hasil akhir, Tapi juga, FC Bayern selalu mendominasi permainan. Semua vital sign dari mulai penguasaan bola progresif, percobaan tembakan, efektivitas pressing, jumlah pressing hingga jarak berlari. Kontra FC Barcelona, Thomas Muller cs berlari 10 km lebih banyak dari lawan. 

 

Tahukah Anda bahwa salah satu kunci sukses FC Bayern mempertontonkan sepakbola indah, spartan dan efisien adalah berkat kecanggihan program latihan di masa pandemi. Ya, pandemi Covid 19 telah membawa berkah bagi FC Bayern. Alih-alih terpenjara dengan efek pandemi, staf kepelatihan justru memunculkan berbagai inovasi metode latihan di masa ini.

 

Latihan Siber

Adalah Prof. Dr Hogler Broich, Head of Football Science FC Bayern yang menjadi otak di balik sukses tersebut. Mantan pelatih fisik Bayer Leverkuses ini merupakan profesor dari MSH Medical School Hamburg. Ia terkenal dengan rezim latihan standar tinggi. Hansi Flick, pelatih kepala FC Bayern menyebut rezim latihan Broich sebagai "brutal" mengingat begitu beratnya latihan Broich.

 

Pemain FC Bayern sendiri mendua hati terhadap program Broich. Di satu sisi, program brutal Broich amat menyiksa para pemain. Pada suatu kesempatan, Jerome Boateng bercanda mengatakan ingin mengirim Broich ke luar angkasa, agar tidak ada lagi latihan menyiksa di keesokkan harinya. Tapi, di sisi lain seluruh pemain mencintai Broich setelah merasakan manfaatnya. Statistik tak pernah bohong, FC Bayern selalu menang dan dominan!

 

FC Bayern menjadi begitu superior di Liga Champions format baru berkat program di masa pandemi. Program yang membuat FC Bayern mendominasi format turnamen. Dimana menuntut tim untuk bertanding dengan jumlah banyak dalam durasi singkat. Jarak antar istirahat sungguh pendek. Inovasi program Broich di masa pandemi meliputi Video Conference, Online Education, Home Office dan program Cyber Training. 

 

Broich mendesain sebuah studio video untuk para pelatih dapat mendemonstrasikan berbagai latihan selama masa pandemi. Ia juga membuat aplikasi online dengan berbagai algoritma yang membuatnya dapat memonitor seluruh vital sign perkembangan kondisi pemain. Setiap hari, pemain mendapatkan program "tailor made" yang membuat mereka dapat berkembang sesuai keunikannya. 

 

Ide Segar

Kesuksesan program latihan siber Broich memberikan ide segar besar. Meski tim telah diperbolehkan melakukan latihan normal, tapi studio video Broich tetap dipertahankan. Manajemen FC Bayern bahkan berencana meningkatkan kualitas studio video untuk digunakan saat off season.

 

Pandemi COVID ini telah membangun persepektif baru dalam latihan. Sontak, seluruh dunia kini terbiasa di menjalani segala sesuatunya di rumah. Tempat dan jarak tidak lagi menjadi batasan. Mengulang sukses program latihn siber di masa pandemi, FC Bayern berencana memulai pra-musim baru lebih lambat dari biasanya.

 

Pekan awal yang biasa dilakukan di Pusat Latihan diubah menjadi latihan siber. Ini akan berguna untuk memberikan kesegaran psikologis lebih bagi pemain. Sebab program latihan siber memastikan pemain dapat berlibur lebih lama. Bercengkerama dengan keluarga di tempat liburan masing-masing, sambil tetap mengikuti fase awal kegiatan pra musim. Bukan main! Pandemi justru membawa keberkahan bagi FC Bayern.

 

Ganesha Putera
Founder KickOff! Indonesia 

 

*Per Senin, 3 Agustus 2020, KickOff! sajikan rubrik baru bertajuk "Founder's Diary". Namanya juga diary, maka ya harus terbit setiap hari. Ya, ini semacam rangsangan berkomitmen untuk menulis setiap hari. Sebuah kebiasaan baik di masa lampau yang kini mulai pudar.  Dukung usaha pelestarian kebiasaan baik ini dengan membacanya setiap hari! Selamat menikmati! 

 


 

Please reload