K! EVENT
Recent Posts

Merumuskan Kreativitas di Sepakbola (Bagian-2)

Tulisan ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya.

4)Antara TGfU, tactical-periodization, dan kreativitas taktik

Dalam pedogogi olahraga, dikenal sebuah konsep pembelajaran yang dinamakan Teaching Games for Understanding (TGfU). Konsep ini ditawarkan oleh David Bunker dan Rod Thorpe (Kirk and McPhail, 2002).

Model pertama TGfU Model pertama ini kemudian direvisi oleh David Kirk and Ann MacPhail sendiri (Kirk and MacPhail, 2002) dengan mempertimbangkan situationed learning, yaitu sebuah teori yang mempelajari bagaimana manusia memeroleh (acquire) ketrampilan dan hubungan antara proses belajar dengan situasi sosial.

Model revisi TGfU

Pada “bagian akhir” dari model revisi, didapatkan sebuah kondisi Legitimate peripheral participation (LPP), yang menjelaskan bagaimana pelajar/pemain/murid menjadi (lebih) berpengalaman setelah melewati tahap-tahap pelatihan.

LPP describes how newcomers become experienced members and eventually old timers of a community of practice or collaborative project (Lave & Wenger, 1991, ).

Singkatnya, berdasarkan model di atas dan demi kepentingan penggunaan model TGfU dalam pendidikan jasmani di sekolah, Hari Amirullah Rachman, dalam jurnalnya tahun 2008, menyampaikan 6 komponen utama yang membentuk model pembelajaran TGfU:

  1. Bentuk permainan (game form) menyesuaikan karakteristik dan tahap perkembangan anak didik.

  2. Untuk memunculkan pemahaman anak mengenai permainan yang akan dilakukan, maka diperlukan konseptualisasi nilai-nilai permainan.

  3. Mengembangkan cara berpikir strategis (strategic), berdasarkan poin no. 2.

  4. Membuat keputusan (decision-making) mengenai apa yang harus dilakukan serta bagaimana cara melakukannya (pemahaman taktik).

  5. Pelaksanaan gerak dengan menggunakan teknik-teknik yang telah terpilih (movement execution).

  6. Mengembangkan suatu keterampilan bermain (skill development) yang didukung oleh pemahaman taktik dan pelaksanaan teknik gerak yang baik (mencapai tahap LPP).